Wednesday 23 September 2020

NASKAH DRAMA LINGKUNGAN HIDUP

NASKAH INFORMASI PEMBANGUNAN M. RAUDAH JAMBAK POTKU SAYANG TANAMANKU SAYANG UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN NASKAH INFORMASI PEMBANGUNAN M. RAUDAH JAMBAK POTKU SAYANG TANAMANKU SAYANG LEMAN : (membawa pot berisi batang ubi. Menyanyikan pot itu dan pada satu titik berhenti membaca mantra-mantra) heng wilaheng hong, cekembur, heng wilahenghong, cekembur, heng wilaheng terkincrit...... (melakukannya berulang-ulang) NENGNONG : (membawa pot juga berisi bunga, tapi daunnya uang. memperhatikan kemudian diam-diam mengikuti apa yang dilakukan leman) LEMAN : (terkejut memperhatikan nengnong. Sementara nengnong sor sendiri sehingga leman mengejutkannya) Hei.....!!!! (nengnong terkejut) NENGNONG : (latah) Apa!? Siapa!? Dimana!? (mengelus dada) Aduh, apanya bang leman ini. Bikin awak terkejut aja. LEMAN : Hei, nong. Aku bukan bermaksud mengejutkan kau. Tapi aku takut kau kemasukan... NENGNONG : Eh, bang Leman. Jangan gitulah mentang-mentang aku janda dibilang kemasukan. Sorry la yau.... LEMAN : Sakit, kau. Dasar piktor kau, pikiran kotor. Bukan kemasukan yang macam diotakmu itu maksudku. NENGNONG : Jadi maksud abang?! LEMAN : Apanya yang kau buat barusan itu? NENGNONG : Tebalek, bang. Aku yang harus bertanya sama abang. Apanya yang abang buat itu? LEMAN : Ah, menjawab aja kerja kau. Kalau aku ya....anu....anulah.... NENGNONG : Kenapa, bang. Kenapa anu abang. Biar awak obatin. Awak ikhlas kok. Dunia akhirat... LEMAN : memang tak sehat jiwa kau. Eh, dengar Nong. Kalau kau lihat aku tadi dan kau perhatikan, pasti kau mengerti. NENGNONG : Sumpah bang nggak ngerti awak. LEMAN : memanglah aikiu jongkok kau. Aku tadi itu menghibur pot aku biar cepat subur sayurnya. Paham kau.... NENGNONG : sama bang. LEMAN : sama apanya? NENGNONG : IYA, aku juga biar subur bungaku. Tengok nih (menunjukkan potnya yang berisi uang berbunga eh bunga uang) LEMAN : sakit kau NENGNONG : abang yang sakit (leman dan nengnong cekcok masuk amat yang membawa pot juga, melerai) AMAT : HEI, CETOP. Cetop..... whats going on here. LEMAN : Apanya yang dicakapkan budak ni AMAT : INILAH kalau orang di bawah standard intelektual. Maksudku abang,apa yang terjadi di sini.... LEMAN : OKELAH, paham aku kalau yang itu tapi kok pake cetop, cetop.... sakit kau.... AMAT : sorry bang, bercanda.... (serius) ada apa bang? LEMAN : INI si nengnong dikasih tau bandel NENGNONG : (menyambar) apa pulak abang yang bandel AMAT : Sudah. Sudah. Sekarang abang jelaskan dulu. Apa persoalannya... LEMAN : GINI, mat. Aku kan tadi memantra-mantrai pot ku. Eee dia ikut-ikutan AMAT : Macam mana rupanya mantra abang tu (leman mempraktekan kembali dan akhirnya nengnong dan amat mengikutinya. Pak insinyur dan rekannya masuk memperhatikan sambil geleng-geleng kepala. Tidak berapa lama mereka sadar akan kehadiran pak insinyur) AMAT : (menyapa Pak insinyur sambil menyuruh leman dan nengnong berhenti) Eh, Pak insinyur. Baru datang Pak? PAK INSINYUR : baru, baru pak. Ada apa ini gembira sekali kelihatannya. Ada yang bisa saya bantu. NENGNONG : ya, pak. Bantu sayalah pak (sambil mengerdip-ngerdipkan mata dan menggeliatkan badan) LEMAN : kan, kan, kan datang penyakitnya. Eee, anu. Pak. Sengaja saya datang kemari mau menjumpai bapak... NENGNONG : saya juga pak LEMAN : DIAM KAU NENGNONG : ABANG YANG DIAM AMAT : (melerai) EH, sudah cetop, cetop sorriii setop. Berhenti. Biar aku yang cakap (ke pak insinyur) begini pak. Kami ada membawa tanaman. Cuma kami bingung. Pak Insinyur : Bingung? Apanya yang bingung? AMAT : maksud saya, Pak. Saya punya sayuran, tapi sulit kali rasanya merawatnya. Sudah coba berbagai cara belum juga berhasil. Macam mana caranya, Pak? PAK INSINYUR : Ooo, begini Ibu, Bapak-bapak. untuk menanam sayuran sebenarnya tidak sesulit yg kita bayang kan,sayuran itu seperti manusia juga , sayuran perlu makanan (pupuk), perlu minuman , perlu pemeliharaan kesehatan , nah jika ketiga itu terpenuhi maka tanaman sayuran akan tumbuh optimal, persiapan yg kita perlukan untuk memulai menanam sayuran di halaman rumah cukup sederhana sekali termasuk peralatannya. NENGNONG : Peralatannya? PAK INSINYUR : Ya, peralatannya , cangkul ,sendok semen/sekop kecil,sprayer(tank semprot ada yg ukuran 2 liter)atau bisa pakai sprayer untuk menyetrika baju. untuk media tanam kita bisa mengguna kan polybag,ember plastik,atau apa saja yg bisa menampung tanah , untuk tanaman seledri saya menggunakan polybag ukuran 1 kg sedangkan tomat & cabe yg ukuran 4 kg . AMAT : Terus, pak? PAK INSINYUR : Terus, pertama kita masukkan tanah dan kompos/pupuk kandang kedalam polybag 1/3 ukuran polybag nggak usah di isi penuh , karena nanti setelah tanaman agak besar kita akan menambah kompos dan tanah. perbandingan kompos dan tanah 1:1 (kompos sekarang banyak di jual di toko pertanian / tempat penjual tanaman hias jika di kota besar ), setelah polybag terisi tanah dan kompos lalu di siram dengan HAK & EM4 (humid acid,kalium & efective mikroorganisme) di jual di toko pertanian jika anda kesulitan mendapatkanya anda cukup menyiram dengan air bekas cucian ikan/ayam/daging,atau air bekas cucian beras. nah mulai sekarang anda tidak boleh lagi membuang air bekas cucian beras, ayam,ikan , dan juga sisa sayuran yg tidak terpakai itu bisa di gunakan untuk pupuk cair. LEMAN : CARANYA, Pak? PAK INSINYUR : caranya sangat gampang anda siapkan ember yg ada tutupnya , lebih bagus yg ukuran 20 iter . setiap anda habis mencuci beras ,ayam ,daging dan juga sisa sayuran tadi , anda masukkan kedalam ember tadi tutup rapat , juga tambah gula putih 1 kg dan air kelapa tua 1 liter , setelah 7 hari jadi pupuk cair yg bisa di gunakan untuk pupuk tanaman anda tadi. kembali ke cara tanam tadi untuk bibit sayuran kita harus membeli ke toko pertanian sebelum di tanam biji di rendam dulu dengan air hangat kuku +- 15 menit lalu bisa langsung tanam ke polybag, NENGNONG : Setelah itu, Pak? Pak Insinyur : Setelah itu, setelah 3 hari biasanya tanaman mulai tumbuh , untuk menghindari tanaman muda mati terkena hujan , anda bisa gunakan botol air mineral yg berbentuk gelas untuk menutupi tanaman sampai berumur 1 bulan , dan jangan lupa tanaman jangan sampai kekeringan gunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman anda ( untuk seledri tanah harus selalu lembab usahakan siram setiap hari untuk daerah kering atau musim kemarau ).nah setelah makanan dan minuman sudah terpenuhi sekarang pemeliharaan kesehatan , di sini saya hanya memberi pemeliharaan secara organik karena untuk skala kecil biasanya tanam jarang terkena penyakit. untuk penyemprotan seminggu sekali gunakan 2 siung bawang putih tumbuk halus campur dengan air 2 liter , semprot ke tanaman secara merata NENGNONG : terus, pak? PAK INSINYUR : untuk tanaman tomat & cabe jika ada kutu putih di tanaman bisa anda semmprotkan ekstrak daun sirsak/srikaya/bijinya , daun sirsak 15 lembar tumbuk halus campur dengan air 2 liter saring airnya semprot merata ke tanaman . nah inilah cara sederhana dan paling gampang untuk berkebun di halaman rumah. NENGNONG : Jadi yang saya buat ini, bang. LEMAN : Ya, salahlah. Aku juga salah. AMAT : Aku juga salah. PAK INSINYUR : Tidak ada yang salah cuma kurang informasi saja. Dan yang saya jelaskan tadi mudahan-mudahan menjadi informasi yang cukup bermanafaat. Sekarang lebih baik kita masuk dulu membahasnya lebih lanjut. Setuju Ibu, Bapak-bapak? PEMAIN : (SERENTAK) SETUJU............... TAMAT PANCA BUDI MEDAN, JULI 2012

No comments: