Wednesday 14 May 2008


JURANG



Di kerajaan nenek moyangku aku tak tahu
Aku menyerupai kota yang mana


aku sudah lelah membuka mata dan tetap saja buta
matahari bersembunyi di bagaian barat otakku
dan hanya bersinar di belahan bumi yang sama


Kadang ayahku menyerupai Jakarta yang tua
Ingin membangun, ingin membangun, ingin membangun
Tak henti-hentinya
Sedang aku ingin tidur sepuas-puasnya



1975, Abdul Hadi. W.M [Meditasi]



Dalam sederetan nama penyair Indonesia pada periode antara 1960-1980, Abdul Hadi W.M termasuk yang layak kita perbincangkan. Pada pertengahan tahun 1960-an Abdul Hadi telah membina kepenyairannya, sampai kepada kumpulan puisi Meditasi ini, kumpulan yang memperoleh hadiah sebagai BUKU TERBAIK yang terbit pada tahun 1976-1977 dari Dewan Kesenian Jakarta.


”Abdul Hadi adalah penyair yang senantiasa berkembang. Dari buku sajaknya yang satu ke yang lain dia dikenal sebagai penyair yang prolifik alam, sajak mistis dan sufis, sajak cinta, sajak mbeling, sajak protes sosial,….”demikian tulis Sutardji Colzoum Bachri, penyair seangkatannya pada Harian Angkatan Bersenjata, 30-10-1978.


Dalam kumpulan puisi ini memang terasa perkembangan itu, kematangan Abdul Hadi W.M dalam menangkap inti dari yang hidup dan kehidupan ini, mengungkapkan suasana hati ide, dan pengalaman-pengalam annya.


H.B. Yassin dalam Harian Berita Buana, 28-10-1977 mengatakan bahwa Abdul Hadi adalah salah satu penyair yang mempunyai pemikiran atau latar belakang estetik yang jelas. Estetika puisinya jelas nampak dalam puisinya. Dia tak menulis sajak begitu saja asal jadi dan asal tulis, melainkan dengan pertimbangan- pertimbangan tertentu yang dia sadari.


Abdul Hadi pernah mengikuti International Writing Program di University, of Iowa, Iowa City, Amerika Serikat tahun 1973-1974. Dari sana dia menghadiri Poetry Internasional di London (1974) dan berpartisipasi dalam Poetry Rotterdam tahun yang sama. Tahun 1968 sajaknya ”Madura” mendapat hadiah pujian redaksi majalah sastra ”Horison”.


Buku kumpulan puisi ini juga mendapat hadiah Seni dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 1978.


Sekedar tambahan informasi Abdul Hadi W.M adalah juga seorang Doktor Filasafat pada Universitas Gajah Mada.


Judul : Meditasi
Penulis : Abdul Hadi W.M
Penerbit : Balai Pustaka
Cetakan : I, Jakarta 1982
Tebal : 71 Halaman
Harga : Rp 20.000,-

No comments: