Tuesday 27 May 2008

”Gema Tanah Air”, DR. H. B. Yassin


H. B. Jassin. Di mana berakhirnya mata seorang penyair?
Kau sudah lama sekali tahu, kuburan dia
Hanyalah nisan kata-katanya selama ini
Tentang mimpi, tentang dunia sebelum kau tidur

..........

Paragraf pertama Sajak berjudul Keterangan karya Toto Sudarto Bachtiar [Gema Tanah Air, hal 165]


Kehidupan sastra tak pernah lepas dari kehidupan bangsa dan tanah air, itulah sebabnya sastra senantiasa mengalami perkembangan dengan segala pasang surutnya secara terus-menerus.

Untuk mengamati perkembangan tersebut tentu diperlukan dokumentasi lengkap. Dokumentasi bukan hanya akan berguna bagi para ahlinya, namun juga akan berfaedah bagi orang awam yang menaruh minat di bidang tersebut.

Dalam buku ”Gema Tanah Air”, DR. H. B. Yassin, kritikus sastra Indonesia yang sangat terpandang, secara berturut-turut telah mengumpulkan prosa dan puisi yang dipilih dari karya-karya para sastrawan Indonesia.

Setiap pengarang merupakan wakil dari jamannya, dan dengan karyanya ia pun mencerminkan gejolak situasi dirinya dan juga kehidupan di sekitarnya.

Bunga rampai perjalanan sastra di tanah air yang dirangkai H. B. Yassin ini telah mengalami cetak ulang 10 kali (setidaknya pada buku yang saya pegang, cetakan Balai Pustaka, sejak tahun 1948 hingga 1993 pada cetakan ke 10).

Ada banyak nama-nama penting dari para sastrawan dan karya-karyanya yang bisa kita pelajari dari buku ini sebagai catatan sejarah kesusastraan di tanah air. Sebut saja misalnya Chairil Anwar, Nugroho, Asrul Sani, Samiati Alisjahbana, Toto Sudarto Bachtiar, tentu masih banyak lagi yang lainnya.

Sedikit profil penulis :



H. B. Yassin, lahir 31 Juli 1917 di Gorontalo, Sulawesi Utara, Pendidikan beliau adalah di HIS Gorontalo, HBS-B 5 tahun Medan, tahun 1957/tamat FSUI. Tahun 1958-1959 studi Ilmu Perbandingan Kesusastraan di Yale University, Amerika Serikat. Mendapat gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Indonesia dalam bidang Sastra.

Karangan Asli : Angkatan 45 ; Tifa Penyair dan Daerahnya; Kesustraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei ; Kesusastraan Indonesia di Masa Jepang ; Kesusastraan Dunia dalam Terjemahan Indonesia ; Angkatan 66, Heboh Sastra 1958 dan berbagai artikel di harian dan majalah.

Karya Terjemahan : Chushingura, oleh Sakai Sjiova ; Renungan Indonesia, oleh Sjahrasad ; Terbang Malam. Oleh A. De St Exupery ; Kisah-kisah dari Rumania ; Api Islam, oleh Syed Ameer Ali ; Certa Panji dalam Perbandingan, bersama Zuber Usman, oleh R.M.Ng. Poerbatjaraka ; Max Haverlaar, oleh Multatuli ; Kian Kemari-Indonesia dan Belanda dalam Sastra ; The Complete Poems of Chairil Anwar, dikerjakan bersama Liauw Yoek Fang ; dan Al Qur’anul Karim, Bacaan Mulia.

Judul Buku : Gema Tanah Air ; Prosa dan Puisi [1 dan 2]
Penulis : H.B. Yassin
Penerbit : Balai Pustaka
Cetakan : 10, Jakarta 1993
Tebal : 278 Halaman

No comments: