Thursday 2 June 2011

BLH Sumut Sediakan 200 Ribu Bibit Pohon untuk Penghijauan

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Utara menyediakan 200 ribu bibit pohon untuk penghijauan di lahan-lahan kritis di Sumatera Utara.
"Kita sudah mendistribusikan bibit-bibit tersebut ke beberapa kabupaten/kota seperti Medan, Tebingtinggi dan kabupaten lainnya," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Hidayati MSi usai menutup Pekan Raya Lingkungan Hidup 2011 dan CSR Expo di Lapangan Benteng, Kamis (26/5) malam.
Dan hingga kini, lanjut Hidayati, bibit pohon tersebut masih banyak tersedia di BLH Sumut. Bagi masyarakat, LSM maupun organisasi yang peduli lingkungan serta butuh bibit pohon untuk penanaman pohon di lahan kritis bisa datang ke BLH Sumut. "Jika butuh bibit, silahkan saja datang ke kantor BLH Sumut Jalan T Daud, kita akan berikan bibit sesuai dengan yang dibutuhkan," serunya.
Pada penutupan tersebut, Hidayati menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh 54 peserta yang berpartisipasi mendukung dan mensukseskan pameran serta para peserta lomba yang digelar BLH Sumut.
"Kita berharap, pameran serupa bisa diikuti lebih banyak peserta dan dikunjungi masyarakat. Itu menunjukkan bahwa semua elemen telah peduli dengan kegiatan yang memamerkan berbagai produk daur ulang sampah dan lainnya," ujarnya.
Pengumuman Pemenang
Pada penutupan tersebut, juga diumumkan para pemenang lomba yang digelar selama dua hari di Lapangan Benteng.
Untuk lomba melukis dimenangkan Dara Dzafira Firda , keduanya dari SD Panca Budi, dan Nabila Swei dari SD Pertiwi, untuk juara harapan I dan II diraih Anisa Nurfadhilah dari SD Primbana Medan dan Jasmine MM SD Sutomo 1 Medan.
Juara lomba lagu bernuansa lingkungan dimenangkan Dwi Nova Pandia dari Unimed, Dinsa Gusriady Hasibuan dari Sibolga, The Bridge MAN 1 Medan, Dwi Sri Utari dari SMA Negeri 1 Stabat dan Peace Maker Twins MAN 1 Medan.
Lomba baca puisi dimenangkan Ulfa Sakinah Sipahutar dari SMP Swasta Darussalam, Dhea Nur Fadillah SMP Negeri 1 Tanjung Balai, Nurlia Ismi dari SMP Negeri 3 Rantau Utara, Labuhan Batu, Elvina Sialagan dari SMP Negeri 2 Simalungun dan Raudha Ananda dari SMP Negeri 1 Stabat, Langkat. Salah seorang dewan Jurinya adalah M. Raudah Jambak dari Taman Budaya, Abdul Hakim dari UNIMED dan satu lagi dari BLH SUMUT.
Untuk lomba daur ulang kategori pelajar dimenangkan siswa SMA Negeri 3 Rantau Prapat, SMP Negeri 9 Binjai, SMK Negeri 2 Tebingtinggi, SMP Negeri 2 Simalungun dan SMK Negeri 1 PGGS.
Untuk kagetori umum, dimenangkan Irma Yuliza dari Medan meraih juara I. Juara II dan III diraih Masbah Sagala dan Siti Robiatun keduanya dari Himpunan Wanita Penyandang Cacat (HWPC).
Selain pengumuman pemenang perlombaan, diumumkan juga stand pameran terbaik, untuk kategori penampilan terbaik diraih BLH Deli Serdang, Kantor Lingkungan Hidup Sibolga, BLH Tanjung Balai, BLH Labusel dan Dinas Kehutanan Lingkungan Hidup & Pertambangan Pakpak Barat.
Untuk stand kategori materi dimenangkan BLH Langkat, SMP Negeri 2 Sunggal Deli Serdang, PTPN III, LSM Come dan Gapenta.
Sementara pemenang sekolah Adiwiyata 2011, kategori Sekolah Dasar dimenangkan SD Pertiwi Medan, SD Kalam Kudus P Siantar, SD Nahdlatul Ulama Medan, SDN 050728 Tanjung Pura, Langkat dan SDN 058111 Sawit Seberang, Langkat.
Kategori SMP dimenangkan SMP Syafiyyatul Amaliyyah Medan, SMPN 2 Simalungun, SMPN 2 Deli Serdang, SMPN 1 Stabat, Langkat dan SMPN 1 Binjai. Untuk kategori SMA, dimenangkan SMAN 2 Medan, SMAN 2 Kisaran, SMAN 1 Kisaran, SMAN 5 Siantar dan SMAN 5 Binjai.
Acara tersebut turut dimeriahkan dengan hiburan dan penampilan penyanyi ibukota Victor Hutabarat yang melantunkan berbagai lagu daerah Sumatera Utara.

No comments: