Thursday 2 June 2011

Siswa Sumut Dituntut Karya dan Inovasi Baru

Pameran Pendidikan dan Ajang Kreativitas Siswa 2011 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mulai 3-8 April di Atrium Plaza Medan Fair akan terus digelar tahun depan.

Sebab, ajang kreativitas siswa harus selalu digelar karena dinilai dapat memotivasi siswa untuk menghasilkan karya dan inovasi baru.

"Ajang kreativitas seperti ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan. Tidak harus dilakukan dinas pendidikan melainkan sekolah-sekolah juga harus melakukannya, sehingga siswa terbiasa untuk menghasilkan karya dan menghasilkan inovasi yang baru," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Syaiful Syafri, saat menutup pameran pendidikan dan ajang kreativitas siswa 2011, Minggu (8/5).

Syaiful menyebutkan, dalam ajang ini siswa dapat langsung melihat karya-karya yang dihasilkan dari sekolah lain, misalnya teknologi dan kita juga memberikan wadah untuk menampilkan sejauh mana karya dan inovasi yang telah dihasilkan dari siswa.

"Melalui event ini kita akan terus memotivasi siswa untuk berkarya dengan inovasi yang baru. Kita tidak ingin ini hanya satu even yang digelar oleh Dinas Pendidikan Sumut, melainkan sekolah-sekolah juga harus menggelarnya secara berkesinambungan," terang Syaiful.

Ajang kreaktivitas siswa dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini, bertujuan untuk menujukkan kompetensi dan kreativitas terbaiknya untuk meraih prestasi terbaik.

Selain itu, selama pelaksanaan pameran yang diikuti 72 stan itu dikunjungi sekitar 6.400 pengunjung per hari. Hal ini menunjukkan antusias masyarakat luas dan pelajar dari kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk menyaksikan even ini sangat tinggi.

Ajang Kreativitas

Dalam kata sambutan Plt Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pudjo Nugroho, ST, yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs Syaiful Syafri MM saat menutup secara resmi pameran pendidikan itu menyampaikan bahwa, Pameran pendidikan dan Ajang Kreativitas Siswa Sumatera Utara 2011 untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Berbagai perlombaan yang dilaksanakan merupakan awal untuk meningkatkan kualitas pendidkan di Sumatera Utara,"tegasnya.

Gatot juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang turut serta mengikuti kegiatan pameran.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Pameran Pendidikan dan Ajang Kreativitas Siswa Sumatera Utara 2011 Ilyas S Sitorus, SE, MPd menjelaskan dari 72 stan yang ada di pameran, tercatat rata-rata perhari pengunjung yang datang mencapai 6.400 orang.

Ilyas menjelaskan selama berlangsungnya pameran pendidikan stan STIK-P mengadakan lomba reporter berbakat yang di ikuti 25 peserta, stan Medan English Club mengadakan English game diikuti sebanyak 600 peserta, stan Dinas Pendidikan Sumatera Utara mengadakan simulasi try out ujian nasional (UN) yang diikuti 237 peserta dan konsultasi bakat diikuti sebanyak 300 pengunjung.

Juara

Acara penutupan, diiringi dengan pengumuman para peserta lomba ajang kreativitas. Dari berbagai cabang perlombaan, seperti lomba pidato bahasa Inggris juara pertama diraih Rina Wiyono dari SMA Brigjen Katamso dan juara kedua, Sumiko Honggo Warsito dari SMA WR Supratman Medan dan juara ketiga, Clarissa dari SMA WR Suprataman.

Untuk pemenang Festival Tari Etnis, juara pertama diraih MTS Miftahussalam Medan, juara kedua SMPN 1 Tanjung Morawa, dan juara ketiga SMPN 11 Medan.

Untuk perloambaan baca puisi perjuangan, juara pertama diraih Rizqa Waliadin Harahap dari SMPN 16 Medan, juara kedua Manuela H Pasaribu SMP Katolik Trisakti 1 Medan, dan juara ketiga Uli Farhah Hasni Daulay dari SMP Ar-Rahman Medan.

Pemenang Festival Pakaian Daerah berpasangan, dimenangkan Doni Irwansyah-Whiby Thora Samosir dari Disdik Kabupaten Simalungun, juara kedua, Mulianan Wibowo-Andini Eka Putri SMAN 2 Binjai, dan juara ketiga, Kristina Saragih- Lamtoya Sinaga dari SMK Pariwisata Prima Medan. Sedangkan untuk Festival Folk Songjuara pertama diraih SMAN. 1 Lubuk Pakam, juara keduaSMKN 11 Medan, dan juara ketiga SMAN 3 Medan.

No comments: