Thursday 2 June 2011

Disporabudpar Gelar Lomba Seni Group dan Perorangan

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tebingtinggi menggelar Lomba Seni Group dan Perorangan tingkat pelajar SMA/MA dan SMK selama tiga hari di Gedung Balai Pertemuan Kartini, Kamis hingga Sabtu (26-28/5).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dibuka Kadis Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, H Azhar Effendi Lubis SE, didampingi Kabid Kebudayaan dan Pariwisata, Kartini S.Pd dan dihadiri para guru ratusan siswa yang berasal dari sekolah negeri dan swasta.

Plh Walikota Tebingtinggi, Drs Hadi Winarno, MM diwakili Kadis Porabudpar Kota Tebingtinggi, H Azhar Efendi Lubis mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan lebih memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan imajinatif dalam berkarya seni. Sementara, para guru diminta untuk lebih meningkatkan seni budaya di sekolahnya.

"Pagelaran seni dan sastra merupakan salah satu sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan, kemudian menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya negeri sendiri khususnya dikota Tebingtinggi yang multi etnis ini",harapnya.

Pemerintah Kota Tebingtinggi, lanjut Hadi Wainarno, menyambut baik lomba seni group dan perorangan ini sebagai wujud pelestarian budaya bangsa bagi kalangan generasi muda khususnya, pelajar yang diselenggarakan Bidang Budaya dan Pariwisata Kota Tebingtinggi.

Ajang seperti ini diharapkan, mampu menyaring budaya luar sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya negeri sendiri.

Pada 2012, kata Hadi, akan diprogramkan lomba "berbalas pantun" dikalangan pelajar mau pun umum. Karena itu, diharapkan guru guru bahasa di sekolah mau pun seniman untuk mensosialisasikannya agar banyak peserta yang mengikutinya.

"Kota Tebingtinggi multi etnis ini sangat unik, sebab semua suku mengklaim bahwa ini daerahnya. Harapan kami kepada guru guru Bahasa Indonesia agar membantu Disporabudpar dalam kegiatan lomba berbalas pantun ditahun 2012 mendatang",pinta Hadi.

Kabid Kebudayaan dan Pariwisata, Kartini S.Pd mengatakan, kegiatan lomba seni group dan perorangan itu digelar bertujuan untuk pembinaan seni dan sastra dikalangan pelajar serta menguatkan semangat dan jiwa kebangsaan, sekaligus mempererat persaudaraan diantara peserta lomba.

Melalui kegiatan ini juga dapat menyampaikan pesan pesan pembangunan, melalui seni dan sastra.

Ketua Panitia Lomba Seni Group dan Perorangan tingkat pelajar, Panter Jhon Pasaribu melaporakan, jenis jenis seni yang diperlombakan diantaranya lomba paduan suara diikuti oleh 12 kelompok. Lomba vocal group 13 kelompok, lomba vokal solo putra 18 orang dan solo putri 19 orang.

Lomba teater 10 kelompok, baca puisi putra 10 orang dan putri 17 orang. Lomba mendongeng putra 7 orang dan putri 19 orang serta lomba festival band diikuti 14 kelompok band.

Lomba melukis putra 10 orang, putri 12 orang dan tari kreasi daerah 11 kelompok.

Jumlah seluruh peserta sebanyak 642 siswa, dari sekolah tingkat SMA/MA dan SMK sekota Tebingtinggi.

No comments: