Sunday 29 September 2019

UKM seni budaya Unimal gelar lomba baca puisi nasional


Lhokseumawe, Aceh (ANTARA) - Dalam upaya mengairahkan kecintaan terhadap seni puisi di tanah air, UKM Seni Budaya Meurah Silu Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mengelar lomba baca puisi nasional piala Malikussaleh yang digelar selama dua hari, yakni 12-14 April.

Kegiatan perlombaan yang seluruhnya dilakukan di gedung ACC Gor Unimal tersebut, menghadirkan tiga juri nasional yakni Fikar W. Eda, Seniman Nasional M. Raudah Jambak dan Mustika Permana (pekerja seni).

Sementara mengenai peserta bukan hanya saja berasal dari provinsi yang ada di Pulau Sumatera, tapi juga dari Ambon, Sulawesi Selatan, Jakarta dan sejumlah daerah lain di Indonesia, kata Ketua Pelaksana Lomba Baca Puisi Nasional Intan Mutia di Lhokseumawe, Jumat.

Dalam lomba baca puisi yang bertemakan "Melalui Sastra Kita Tingkatkan Prestasi, Kreativitas di Era Globalisasi dan Jalin Silaturrahmi" tersebut, dibagi kedalam dua katogeri., yakni peserta umum dan pelajar. Untuk peserta umum jumlahnya mencapai 130 orang dan pelajar sebanyak 45 orang. Sementara itu, total hadiah yang disediakan dalam ajang seni tersebut sebesar Rp45 juta, jelas Intan.

Dia menjelaskan, tujuan digelarnya perlombaan baca puisi tingkat nasional tersebut adalah untuk menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda terhadap puisi dan sastra lainnya. Selai itu juga sebagai ajang silaturahmi antar seniman ditanah air.

“ Melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah dalam hal menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kecintaan para pembaca puisi muda dalam upaya memasyarakatkan puisi kepada kalangan yang lebih luas,” katanya lagi.

Sementara itu, penutupan akan dilakukan pada minggu malam sekaligus pembagian hadiah bagi peserta yang keluar sebagai juara dari dua katogeri yang diperlombakan tersebut.
Pewarta : Mukhlis
Editor : Azhari

No comments: