Tuesday 2 March 2010

LOMBA BACA PUISI KOMUNITAS HOME POETRY DI TAMAN BUDAYA SUMATERA UTARA 2010

Puisi pada dasarnya merupakan hasil ekspresi pemikiran manusia (penyair) yang membangkitkan perasaan, yang merangsang imajinasi pancaindera dalam susunan kata-kata yang berirama.

Dengan kata lain, puisi sebenarnya merupakan hasil rekaman dan interpretasi pengalaman manusia (penyair) yang dimunculkan kembali dalam bentuk tulisan yang di dalamnya mengandung luapan emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan pancaindera, susunan kata, kiasan, kepadatan kata dan perasaan.
Oleh karenanya, untuk memahami sebuah puisi terkadang memerlukan sebuah pergulatan (batin) yang panjang.

Perlu berulang-ulang untuk membacanya dan perlu daya seni yang tinggi dari seorang pembaca agar teks puisi yang terdiri dari susunan kata-kata sebagai perwujudan sistem tanda dapat dipahami makna yang terkandung di dalamnya. Dan di sinilah puncak kenikmatan seni (puisi) itu berada. Bahkan dalam teori sastra modern dikatakan bahwa nilai sastra (dalam hal ini puisi) seluruhnya ditentukan oleh pembaca. Pembacalah yang memberi makna dan harga pada karya sastra (puisi) itu. Tanpa pembaca, karya sastra (puisi) itu tidak bernilai apa pun juga.

Dalam kaitan antara karya sastra (puisi) dengan pembaca tersebut, Komunitas Home Poetry akan menggelar Lomba Baca Puisi yang bertajuk "MENYIKAPI SEMANGAT JUANG RA. Kartini". Sebagai informasi, Lomba Baca Puisi Komunitas Home Poetry "MENYIKAPI SEMANGAT JUANG RA. KARTINI" merupakan sebuah forum pertemuan penyair yang diselenggarakan dalam rangka mempertemukan keberagaman tema dan ekologi penyair.

Pertemuan ini dimaksudkan menjalin keakraban dan ikatan persaudaraan seniman. Dengan tujuan meningkatkan solidaritas dan kreatifitas seniman dalam upaya menggali kekayaan adat istiadat, situs-situs sejarah, seni dan budaya berbagai etnis di Medan. Ajang Lomba Baca Puisi Komunitas Home Poetry yang memperebutkan uang tunai + trofi + piagam ini merupakan program yang sudah dimatangkan, setelah beberapa kegiatan semacamnya yang sukses dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Adapun kategori persyaratan lomba diperuntukkan bagi remaja yang berusia 15-20 tahun. Waktu pendaftaran 1 Maret - 23 April 2010. Dalam Lomba Baca Puisi Komunitas Home Poetry ini nantinya para peserta akan membacakan puisi yang termasuk dalam "Buku Antologi Puisi Komunitas Home Poetry" yaitu, karya puisi penyair Hasan Al Banna, S. Ratman Suras, Djamal, Arif SM, Ilham Wahyudi dan M. Raudah Jambak,

Nah, bagi sobat-sobat, tunggu apa lagi! Ini merupakan ajang untuk menunjukkan bakat bersastra yang kamu miliki. Kalau selama ini kita banyak menulis puisi dalam rubrik yang kita cintai ini, sekarang giliran kita untuk membacakan puisi karya penyair-penyair Sumatera Utara.

Sekadar mengingatkan untuk sobat-sobat, penyair-penyair yang termasuk dalam "Urban Enam Penyair" tersebut sebagian di antaranya juga pernah mengisi tulisan ( baik itu puisi, artikel ataupun cerpen). Ini juga bisa memotifasi kita bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti giliran karya puisi kita yang akan ikut dibacakan dalam sebuah lomba baca puisi. Tentu asal kita percaya dan punya keyakinan yang tinggi bahwa nanti kita juga bisa seperti mereka.

Bagi kamu-kamu yang berminat untuk menjadi peserta dalam Lomba Baca Puisi Penyair, kamu bisa menghubungi Djamal (08126523918). Atau datang langsung ke Taman Budaya Sumatera Utara Jalan Perintis kemerdekaan No. 33 Medan.

Ayo, buruan! Jangan sampai ketinggalan!
Medan, 1 Maret 2010


Komunitas Home Poetry menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat usia 15-20 tahun Se- Sumatera Utara.
Dengan hadiah:
Juara I Tropy + Rp.1000.000 +_ Piagam,
Juara II Tropy + Rp. 700.000 + Piagam
Juara III Tropy + Rp. 500.000 + Piagam
Harapan I, II, III @ Rp. 100. 000
Pendaftaran dimulai pada tanggal 01 Maret-23 April 2010 bertempat di Taman Budaya Sumatera Utara Jl. Perintis kemerdekaan no, 33 Medan

Persyaratan yang diperlukan: 2 lembar foto ukuran 3X4 + Rp. 20.000 + Kartu Tanda pengenal pada pukul 09.00 s/d 21.00

Waktu pelaksanaan: Setiap hari
hari pertama pukul 10.00 Hari ke-II & III pukul 14.00

Tempat: Taman Budaya Suamatera Utara Jalan perintis Kemerdekaan No, 33 Medan

Panitia:

cp. 08126523918(Djamal) 085830805157(Raudah)
E Email : mraudahjambak@yahoo.com

No comments: