Thursday 24 May 2018

Kudus Tuan Rumah Pertemuan Penyair Nusantara 2018


Akar puisi modern yang tumbuh di negara-negara Melayu serumpun dinilai masih perlu diperkuat.  Karena itu, "Tradisi Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) perlu diteruskan guna memperkuat akar puisi Melayu modern."
Demikian salah satu keputusan musyawarah PPN X yang diadakan di Taman Budaya Banten, Sabtu (16/12).  PPN X berlangsung sejak 15 hingga 17 Desember 2017.
Rilis Panitia PPN X yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/12) menyebutkan, Musyawarah PPN X yang dipimping oleh Ketua DKB H Chavchay Syaefullah itu juga memutuskan, tradisi PPN sangat penting sebagai forum untuk bertemu guna saling memberikan informasi perkembangan perpuisian Nusantara di masing-masing negara serumpun.
Selain itu,  hasil musyawarah PPN X yang dibacakan oleh wakil Indonesia Ahmadun Yosi Herfanda itu menyebutkan Kudus (Provinsi Jawa Tengah) sebagai tuan rumah PPN XI tahun 2018 dan Malaysia sebagai Tuan rumah PPN XII tahun 2019.
Rekomendasi
Musyawarah PPN X yang diikuti wakil Malaysia Moh Saleeh Rahamad, wakil Singapura Djamal Tukimin, wakil Thailand Mahroso Doloh, wakil Brunei Djefri Arif,  wakil Indonesia Ahmadun YH, wakil tuan rumah PPN XI Djumari HS, wakil tuan rumah PPN XII Shamsuddin Othman, dan wakil kurator Sulaiman Djaya,  itu juga menghasilkan rekomendasi dan deklarasi perdamaian.
Direkomendasikan agar Panitia PPN XI dan PPN XII menerbitkan kumpulan puisi yang berisi karya seluruh peserta. Dalam penerbitan ini, dilakukan kurasi terhadap karya oleh kurator PPN XI tahun 2018 dan kurator PPN XII tahun 2019.
Juga direkomendasikan, untuk terselenggaranya PPN XI di Kudus (Jawa Tengah) dan PPN XII di Malaysia diharapkan panitia dan peserta mampu menjalin kerja sama pendanaan dengan lembaga pemerintah dan swasta.  "Juga diusulkan adanya Anugerah Penyair Nusantara," katanya.

No comments: